SKENARIO
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas (SMA)
Mata Pelajaran : Matematika (Peminatan)
Kelas/ Program : XI/ IPA
Semester :
II (Genap)
Materi Pokok : Irisan Kerucut
Sub Materi : Persamaan Garis Singgung
Alokasi Waktu :
4 x 40 Menit (1 Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun,
responsif, pro-aktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.
Menghayati dan
mengamalkan agama yang dianutnya.
2.
Memiliki dan
menunjukan rasa ingin tahu dan bersifat kritis dalam memahami konsep,
menurunkan aturan dan sifat irisan kerucut (parabola, elips, dan hiperbola) dan
secara konsisten diterapkan dalam pemecahan masalah kehidupan nyata.
3.
Menganalisis
konsep dan membuktikan sifat-sifat irisan kerucut (parabola, elips, dan
hiperbola) serta menerapkannya dalam pembuktian dan menyelesaikan masalah
matematika juga bidang ilmu lain.
4.
Megolah data dan
membuat model matematika berupa persamaan parabola atau elips atau hiperbola
dari suatu masalah nyata serta melakukan manipulasi aljabar dalam menyelesaikan
masalah.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Memiliki dan
menunjukan rasa ingin tahu dan bersifat kritis dalam pemecahan masalah di
kehidupan nyata.
2.
Mendeskripsikan
konsep persamaan garis singgung pada irisan kerucut.
3.
Menerapkan rumus
persamaan garis singgung pada parabola.
4.
Menerapkan rumus
persamaan garis singgung pada elips.
5.
Menerapkan rumus
persamaan garis singgung pada hiperbola.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian
persamaan garis singgung.
2.
Persamaan garis
singgung pada parabola.
3.
Persamaan garis
singgung pada elips.
4.
Persamaan garis
singgung pada hiperbola.
E.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific Approach
2.
Model
Pembelajaran : Active Learning atau Cooperative
Learning
3.
Metode : Ceramah, diskusi
kelompok, Tanya jawab, dan penugasan.
F.
Alat/ Media/ Bahan Pembelajaran
1.
Alat/ Media : LCD, papan tulis.
2.
Sumber Belajar : Buku Matematika kelas XI, Lingkungan,
Internet.
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberikan salam dan mempersilahkan ketua kelas untuk memimpin doa sebelum
kegiatan belajar dimulai.
2.
Guru menanyakan
kabar dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru
memberikan informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan
materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
4.
Guru
memberikan informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan,
manfaat, dan langkah pembelajaran serta metode yang akan dilaksanakan.
5.
Guru menanyakan
dan mengingatkan kembali materi sebelumnya yang berkaitan dengan materi
persamaan garis singgung yaitu rumus Irisan Kerucut (Parabola, Elips, dan
Hiperbola).
6.
Guru mengadakan
pre-test mengenai pembelajaran pada ujian blok sebelumnya yaitu rumus Irisan
Kerucut (Parabola, Elips, dan Hiperbola).
|
30 Menit
|
Inti
|
1. Kegiatan diawali dengan guru membagi
siswa kedalam beberapa kelompok, 1 kelompok berisi 4-5 orang siswa.
2. Siswa diminta mengamati masalah yang
disajikan guru tentang persamaan garis singgung pada parabola.
3. Guru mengajak siswa untuk membuat
rumus persamaan garis singgung parabola berdasarkan rumus persamaan parabola
yang sudah dipelajari sebelumnya.
4. Siswa belajar dengan aktif dalam
membentuk rumus persamaan garis singgung parabola kemudian mencatat rumus
tersebut.
5. Guru memberikan soal latihan kepada
siswa mengenai persamaan garis singgung pada parabola.
6. Beberapa siswa perwakilan kelompok
mempresentasikan hasilnya di depan kelas dengan siswa lain menanggapi atau
menanyakan hal-hal menarik lainnya yang ditemukan saat pembelajaran.
|
100 Menit
|
Penutup
|
1. Siswa menyimpulkan materi yang telah
dipelajari.
2. Siswa merefleksi penguasaan materi
yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3. Siswa melakukan evaluasi pembelajaran.
4. Siswa saling memberikan umpan balik
hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
5. Guru memberikan tugas mandiri sebagai
pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah persamaan garis singgung
pada parabola
6. Guru mengarahkan kepada siswa mengenai
materi pada pertemuan berikutnya.
7. Berdoa pada akhir pembelajaran dan ditutup
dengan salam.
|
30 Menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar