Minggu, 20 Desember 2015

SKENARIO PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI IRISAN KERUCUT



SKENARIO PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Atas (SMA)
Mata Pelajaran            : Matematika (Peminatan)
Kelas/ Program            : XI/ IPA
Semester                      : II (Genap)
Materi Pokok              : Irisan Kerucut
Sub Materi                  : Persamaan Garis Singgung
Alokasi Waktu            : 4 x 40 Menit (1 Pertemuan)
A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, responsif, pro-aktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.      Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya.
2.      Memiliki dan menunjukan rasa ingin tahu dan bersifat kritis dalam memahami konsep, menurunkan aturan dan sifat irisan kerucut (parabola, elips, dan hiperbola) dan secara konsisten diterapkan dalam pemecahan masalah kehidupan nyata.
3.      Menganalisis konsep dan membuktikan sifat-sifat irisan kerucut (parabola, elips, dan hiperbola) serta menerapkannya dalam pembuktian dan menyelesaikan masalah matematika juga bidang ilmu lain.
4.      Megolah data dan membuat model matematika berupa persamaan parabola atau elips atau hiperbola dari suatu masalah nyata serta melakukan manipulasi aljabar dalam menyelesaikan masalah.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Memiliki dan menunjukan rasa ingin tahu dan bersifat kritis dalam pemecahan masalah di kehidupan nyata.
2.      Mendeskripsikan konsep persamaan garis singgung pada irisan kerucut.
3.      Menerapkan rumus persamaan garis singgung pada parabola.
4.      Menerapkan rumus persamaan garis singgung pada elips.
5.      Menerapkan rumus persamaan garis singgung pada hiperbola.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Pengertian persamaan garis singgung.
2.      Persamaan garis singgung pada parabola.
3.      Persamaan garis singgung pada elips.
4.      Persamaan garis singgung pada hiperbola.

E.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                 : Scientific Approach
2.      Model Pembelajaran   : Active Learning atau Cooperative Learning
3.      Metode                        : Ceramah, diskusi kelompok, Tanya jawab, dan penugasan.
F.     Alat/ Media/ Bahan Pembelajaran
1.      Alat/ Media           : LCD, papan tulis.
2.      Sumber Belajar      : Buku Matematika kelas XI, Lingkungan, Internet.

G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Guru memberikan salam dan mempersilahkan ketua kelas untuk memimpin doa sebelum kegiatan belajar dimulai.
2.     Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
3.     Guru memberikan informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
4.     Guru memberikan informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran serta metode yang akan dilaksanakan.
5.     Guru menanyakan dan mengingatkan kembali materi sebelumnya yang berkaitan dengan materi persamaan garis singgung yaitu rumus Irisan Kerucut (Parabola, Elips, dan Hiperbola).
6.     Guru mengadakan pre-test mengenai pembelajaran pada ujian blok sebelumnya yaitu rumus Irisan Kerucut (Parabola, Elips, dan Hiperbola).
30 Menit
Inti
1.      Kegiatan diawali dengan guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok, 1 kelompok berisi 4-5 orang siswa.
2.      Siswa diminta mengamati masalah yang disajikan guru tentang persamaan garis singgung pada parabola.
3.      Guru mengajak siswa untuk membuat rumus persamaan garis singgung parabola berdasarkan rumus persamaan parabola yang sudah dipelajari sebelumnya.
4.      Siswa belajar dengan aktif dalam membentuk rumus persamaan garis singgung parabola kemudian mencatat rumus tersebut.
5.      Guru memberikan soal latihan kepada siswa mengenai persamaan garis singgung pada parabola.
6.      Beberapa siswa perwakilan kelompok mempresentasikan hasilnya di depan kelas dengan siswa lain menanggapi atau menanyakan hal-hal menarik lainnya yang ditemukan saat pembelajaran.
100 Menit
Penutup
1.      Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.      Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.      Siswa melakukan evaluasi pembelajaran.
4.      Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
5.      Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah persamaan garis singgung pada parabola
6.      Guru mengarahkan kepada siswa mengenai materi pada pertemuan berikutnya.
7.      Berdoa pada akhir pembelajaran dan ditutup dengan salam.
30 Menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar